#2015IWill

#2015IWill

#2015IWill
Many great things happened to me in 2014. Meski ada juga beberapa hal yang mengecewakan dan kegagalan mencapai tujuan yang gue tetapin di awal tahun. Mumpung masih awal tahun, pengin nge-highlight lagi beberapa hal yang membuat gue setingkat lebih tinggi di tahun 2014.

1. Published my own book. Yup, finally my biggest dream came true. Kali ini, gue berhasil nerbitin novel atas nama gue sendiri. Bukan lagi buku antologi ataupun duet. Just me. Haha. I am so proud of myself.
2. Being an editor. Yup, gue beruntung bisa mencicipi hal lain, yaitu jadi editor. Total, gue udah ngedit dua novel. So far genrenya remaja. Actually, I’m into teenage things right now. Gue pun suka nulis cerita remaja saat ini.
3. Going abroad. With myself. Actually, ini bagian dari pekerjaan. Ketika gue ditugasin ke luar negeri sendiri. Sebenarnya ada dua orang lagi dari Indonesia tapi kita baru kenal sekitar sebulan sebelum berangkat, jadi secara unofficial ini bisa dibilang sendirian. Dan keluar negeri sendiri, dibayarin pulak, jelas jadi hal paling mengasyikkan. Karena kalau pake uang sendiri, kapan gue bisa sampai ke Abu Dhabi? Once more, gue ngerasa setingkat lebih dewasa ketika berhasil menginjakkan kaki di tempat asing sendirian. Karena selama ini, ketakutan terbesar gue adalah pergi sendirian.
4. Having a great time with my family. Secara semua keluarga gue udah di Jakarta, enggak ada alasan lagi buat enggak kumpul bareng. Apalagi sekarang ada dua ponakan lucu yang sering nanyain gue kapan pulang, jadinya ya makin sering pulang. Highlight terbesar terjadi Desember kemarin, ketika gue lagi di Makassar karena kerja dan dapat telepon kalau bokap masuk rumah sakit. Di tempat asing sendirian, gue cuma bisa nangis di reruntuhan Fort Rotterdam waktu dapat kabar itu. Saat itu gue sadar kalau keluarga adalah hal nomor satu dalam hidup kita dan jadi menyesal karena selama ini gue lebih senang sendirian daripada bareng-bareng mereka.
5. Nekat. Seriously, I’m not a risk taker. Bisa dibilang cemen malah. Jadi ketika gue dengan impulsifnya sewa perahu sendirian di Makassar, kelilingin tiga pulau dan berhenti di satu pulau, itu adalah keputusan terbaik di akhir tahun 2014. Pertanda kalau sudah saatnya untuk berani.
6. Having a great time with friends. Tahun ini gue sering ngerandom bareng teman-teman. Which is sesuatu yang langka dilakukan semenjak lulus kuliah. Dan, juga bareng teman-teman sekolah dulu. I’m happy because I have peoples like them.
7. Losing and forgiving. Gue kehilangan dua orang teman di tahun ini. Satu teman kuliah dan satu lagi sahabat saat SMA. Kehilangan yang enggak disangka-sangka dan bikin shock saat dapat kabar itu. Juga, kehilangan yang ngajarin gue buat memaafkan. Cici, sahabat gue yang meninggal, sempat terjadi miskomunikasi antara kita yang bikin kita menjauh selama enam tahun. Tapi kepergian dia bikin gue belajar satu hal: betapa pentingnya memaafkan karena bisa bikin kita lebih tenang.
8. Pindah. Akhirnya gue pindah dari kosan yang udah gue tempati lima tahun. Kalau kantor enggak pindah, mungkin gue bakal tetap stuck di sana. Gue ingat di salah satu episode CSI, Horatio pernah bilang. “Kadang, keadaan yang memutuskan sesuatu untuk kita.” Yup, keadaan yang memutuskan gue harus pindah. Kadang, di saat kita enggak bisa memutuskan sesuatu, keadaan memegang peranan dengan mengambil keputusan tersebut.
9. Say goodbye to Middle Earth. After 17 years, finally it’s time to say goodbye. 17 waktu yang dihabiskan Peter Jackson sejak syuting LOTR: FOTR. Dan 12 tahun waktu yang gue habis menunggu film terakhir tayang. Meski petualangan gue di Middle Earth belum berakhir, tetap aja rasanya sedih sesuatu yang selama belasan tahun gue ikuti tiba-tiba berakhir. Sama sedihnya kayak say goodbye sama Doraemon meski setelah film terakhir ini tayang, gue yakin RCTI bakal terus nayangin serialnya, he-he.
10. Happy fangirling. Ini buat ngegenapin. Cheesy sih, tapi hei, it’s me. Cheesy is my middle name, right? Jadi, yah, makin terjebak dalam dunia fangirling, I mean, bukan terjebak lagi tapi udah nyemplung sedalam-dalamnya. If you follow me on twitter or Path, taulah ya seberapa gilanya gue. Umm… why don’t we write an article about that? Ha-ha.
That’s all. Gue rasa itu highlight pentingnya. Dan, karena ini tahun baru, kayaknya jadi semacam kewajiban bikin semacam resolusi. Dan karena katanya sebaiknya resolusi itu spesifik, mari kita break down daftar keinginan sespesifik mungkin.
#2015IWill Baca 100 buku. Come on, dua tahun berturut-turut bikin target ini dan selalu gagal. Tahun ini harus berhasil.
#2015IWill Nulis minimal satu cerpen 1 bulan.
#2015IWill Nyelesain draft ‘Portrait’ di triwulan pertama 2015.
#2015IWill Next nulis ‘Keeping Up’ di empat bulan selanjutnya.
#2015IWill Triwulan terakhir 2015 nyelesaiin ‘Plastic’. Jadi, trilogi impianku itu semuanya selesai.
#2015IWill Olahraga. Jogging pagi-pagi sebelum ngantor. Wajib.
#2015IWill Sering pulang ke rumah, minimal dua minggu sekali.
#2015IWill Nonton di bioskop minimal sebulan sekali –DAN BUKAN KARENA LIPUTAN. Come on, you need a rest, right?
#2015IWill Tabungan ditambah. So far 2014 udah mulai agak terkendali jadi 2015 harus lebih terkendali lagi.
#2015IWill Aktif nge-blog lagi, minimal seminggu sekali. Entah itu review buku, random things, atau cerpen.
#2015IWill Ke Makassar lagi. Sumpah, Malino masih memanggil-manggil.
#2015IWill Ke Cirebon. I don’t know why but I want to go there. Wisata kota dan sejarah di Cirebon.
#2015IWill Nerbitin satu novel.
#2015IWill Ngedit novel lagi.
#2015IWill Ngerandom bareng teman-teman minimal sebulan sekali.
#2015IWill Beli album solo perdana Jonghyun *oke, ini biar ada sisi cheesy aja biar enggak serius-serius amat*
#2015IWill Nonton konser Ed Sheeran. Ini wajib.
So far itu dulu. List ini tentatif, akan bertambah seiring perjalanan waktu.

And, welcome 2015. I’m ready for new challenge!

Comments

  1. Sukses! :) Mbak, nerbitinnya di gagasmedia? wah hebat, gagas besar. Saya jadi pengen baca novelnya mbak. Salam kenal sebelumnya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts