Introducing my new crush: British Men

I live with my eyes open. I never try to force myself to be inspired. I'm not someone who feels that they have to go to a foreign country or another culture to look for inspiratin.
-Christopher Bailey
Saat ini saya lagi di Bukittinggi, menghabiskan liburan lebaran.
Postingan ini hanya sekedar iseng belaka. Daripada bosan di rumah akibat Bukittinggi yang makin panas dan macet dimana-mana (tapi tetap dicintai) ya lebih baik saya menghasilkan sesuatulah.
***
Keisengan ini berawal ketika saya melihat coat yang dipakai Jared Leto ketika menghadiri MTV Video Music Award 2010. He wears a coat from Burberry.

photo by: just jared.com

When I see that picture: wow, that coat is so....... -speechless-. Keren banget. Beda sama karya-karya Burberry lainnya tapi tetap mempertahankan signature style Burberry yang tegas dan bergaya tailor serta menampilkan elegant classic look ala England. Trench coat memang andalan Burberry. Bisa dilihat pada coat di atas yang menampilkan kombinasi apik, elegan, glamour dan sentuhan klasik khas negerinya Lady Di tersebut.

Well, sebenarnya saya tidak ingin membahas MTV VMA, ataupun Jared Leto yang dengan band 30 Second To Mars-nya berhasil memenangkan Best Rock Video -emang bagus sih mereka-. Saya juga tidak ingin membahas brand ternama asal Inggris yang terkenal dengan motifnya yang khas serta trench coat-nya ini meski sedikit banyak apa yang ingin saya tulis terkait dengan brand tersebut. Actually, saya ingin memperkenalkan my new crush. Who is he?? Check thi s picture..
.

Handsome, right?? Yup, he is Christopher Bailey, Chief Creative Editor of Burberry sejak tahun 2001 lalu. Handsome, Good Looking Guy, Charismatic, Gorgeus and of course.............. GENIUS. Buktinya dia berhasil menelurkan karya-karya yang diakui oleh dunia internasional serta beberapa penghargaan berskala dunia tetapi tetap mempertahankan signature style-nya Burberry.
Sebenarnya sudah lama saya menyukai om-om ganteng satu ini, tetapi baru memiliki kesempatan sekarang untuk menulis tentang dia.
More to know about him? Tenang, karena saya akan dengan senang hati membaginya dengan kamu semua.
***
Sebagai seorang chief creative officer, om Bailey -kenapa om? Karena tahun ini dia berusia 39 tahun- tidak hanya bertanggung jawab terhadap desain koleksi terbaru Burberry tetapi juga bertanggungjawab terhadap company's overall image including advertising, corporate art direction, store design and visual semua koleksi dan produk Burberry. Wow, bisa dibayangkan kan seperti apa kesibukannya? Tapi, dia enjoy aja tuh. Buktinya, Burberry kian melejit. Koleksi terbarunya selalu ditunggu-tunggu. Beberapa penghargaan dan gelar jatuh ke tangannya. Terbukti kan betapa jeniusnya dia?
Tidak heran mengapa Burberry akhirnya memilih om Bailey. Sebelumnya, pria yang sudah mengenal dunia fashion sejak kecil karena ibunya adalah seorang window dresser Marks & Spencer ini sudah melanglang buana di bawah nama brand besar. Di saat usianya baru 23 tahun -masih muda hitungannya- dia sudah menjadi womenswear designer-nya Donna Karan. Dua tahun kemudian dia menjadi senior designer of womenswear Gucci. Mei 2001 dia mulai masuk ke Burberry menjadi creative director dan selang enam buan kemudian, dia sudah menjajal posisi chief creative officer. Wow, two thumbs up for you.
Berkat tangan dingin Bailey, Burberry yang selama ini terkesan kaku -yah, tipikalnya Inggris-lah- dan mewah berkembang menjadi brand yang bisa dipakai oleh siapa saja -istilahnya mulai dari pekerja Wall Street sampai ke musisi Rock ''n Roll bisa dijangkau oleh brand ini- tapi seperti yang sudah sering saya bilang di atas, om Bailey tetap mempertahankan kemewahan dan classic elegant Burberry dengan nuansa yang lebih modern. Dia tetap mempertahankan tartan sebagai signature style Burberry tapi dia tetap membiarkan imajinasinya berkembang bebas (Contohnya coat si om Leto sama sekali tidak terlihat motif kotak-kotak itu, tapi coba lihat potongannya. So Burberry banget kan?) Bahkan, di usianya yang baru 39 tahun, dia sudah menduduki puncak tertinggi salah satu icon fashion ternama dunia. Unbelievable!!!!!!!!!!
Namun, di balik semua kesibukannya itu, pria asli Inggris -aksen Inggrisnya kental banget loh, semakin menambah keseksyongnnya, hehe- ini juga dikenal memiliki jiwa sosial yang tinggi. Dia membentuk The Burberry Foundation bersama dengan CEO Burberry, Angela Ahrendts -pengen deh jadi bussinesswomen sukses kayak tante satu ini- yang bertujuan untuk membantu para anak muda dalam mewujudkan impian, mencapai tujuan dan mengembangkan potensi mereka melalui kreativitas. Yayasan ini bergerak di kota-kota dimana para pekerja Burberry tinggal. Harapannya sih semoga anaka-anak muda ini dapat berpartisipasi dalam setiap kegiatan amal yang digagas Burberry.
Wow, amazing. Tapi, tunggu dulu. Masih ada lagi hal yang bisa membuat setiap orang terkagum-kagum pada pria satu ini. Di bawah pimpinannya, Burberry membuka 'markas' baru di Kota yang Tak Pernah Tidur, NewYork dan dia sendiri yang mengawasinya. W.O.W.
Lalu, bagaimana halnya dengan prestasi? Sederet penghargaan pernah di raih oleh om ini. Mau tahu? Check this...
  • 2003: 'Honorary Fellowship' dari Royal Collage of Art (dia dulu juga sekolah di sini dan lulus tahun 2003).
  • 2005: Designer Of The Year oleh British Fashion Award.
  • 2006: 'Honorary Doctorate' dari University of Westminster (Dia meraih gelar BA di universitas ini dan lulus tahun 1990).
  • 2007: Menswear Designer of the Year oleh British Fashion Award.
  • 2007: Honorary Doctorate of Science' dari University of Huddersfield, Yorkshire.
  • 2008: Menswear Designer of the Year oleh British Fashion Award.
  • 2008: Perjalanan Mr. Bailey didokumentasikan dalam November issue Vogue UK dengan tajuk "The Diary of Bailey's Burberry Prorsum Feather Dress"/.
  • 2009: Diangkat menjadi anggota Order of the British Empire (MBE) oleh Queen Elizabeth untuk layanan industri fashion.
  • 2009: 'Honorary Patron' oleh University Philosophical Society, Trinity College, Dublin.
  • 2009: Membawa Burberry ntuk pertama kainya tampil dalam London Fashion Week.
  • 2009: Designer of the Year oleh British Fashion Award
  • 2009: International Award oleh Council of Fashion Designers of America (as you know, ini adalah penghargaan yang sangat di damba-dambakan setiap desainer dunia).
So, ada banyak alasan kan untuk mencintai pria satu ini?
love, iif

Comments

  1. damn,i love him!! corrected, his fate!! (okay, i know he received what he deserve, but still, i'm envious hehe)
    hope someday we'll have the same passion of work and successful career like him (or higher). Amiin.

    ReplyDelete
  2. gw kirain pas lo bilang "Handsome, Good Looking Guy, Charismatic, Gorgeus and of course.............. " >> "GAY!"
    ahhahaha, kan sekalian gitu G semua, hihi

    bahas icon fashiong laen dongss, biar gw tersadar dikit gituh, hoho

    ReplyDelete
  3. BUAHAHAHA.. aduh sumpah gak bs nahan ketawa gw liat commentnya lescha. Juara lo les!! hahaha :D

    ReplyDelete
  4. @fajar: mau apa??
    @lescha: masalahnya apakah dia straight atau gay belum terjawab, susah nyari info soal itu. Tpi ntar klu ketemua gue kasi tw. Eniwei, lo mau icon fashio mana nih yang bakal gue bahas?
    @ira: Aminnn.... Someday, lo bakal bis akok kyk dia, tp di bidang yg lo jalani...

    Sukses buat kita semua....

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts