Tuesday, February 26, 2013

Serba Serbi Middle Earth


Terberkatilah Eru Iluvatar yang menggariskan takdir gue tergabung ke Grup Eorlingas di Facebook. Ada banyak pelajaran baru yang gue dapat dari para sesepuh yang sudah ada di sana sejak jaman First Age. Sebagai anak baru yang masuk di Third Age, gue cuma bisa manggut-manggut membaca essay pembahasan seputar Middle Earth. Ketika gue memutuskan untuk baca ulang The Hobbit dan The Lord of The Ring, nuansanya pun beda. Kali ini baca lebih lama karena ketika tiba di suatu bagian yang ada penjelasan di Appendix atau essay atau file lain, gue akan baca itu dulu sehingga lebih memahami.

Lalu pada hari Minggu, 24 Februari 2013, jam 7 malam, Eorlingas pun bikin kuis serba serbi Middle Earth. Excited dong karena gue pengin mengetahui sejauh mana pengetahuan gue. Masih seiprit memang dibanding yang lain karena gue belum baca Silmarillion (nggak berani baca karena takut bahasa Inggrisnya susah hehehe). Untunglah pertanyaannya hanya bersumber dari The Hobbit dan The Lord of the Ring. Mari kita hajar dan mengandalkan sinyal.

Berikut gue share 20 pertanyaan yang dilempar selama dua jam. Kuis ini diadakan di Facebook dan Twitter. Gue milih Twitter karena eike kan anak Twitter hehehe.


1.                   Skor 1: Peti mati batu di Aula 21, Khazad-dum, adalah makam: (a) Floi (b) Balin (c) Ori
Gue langsung jawab Balin karena teringat ekspresi sedih Gimli di film ketika menemukan makam Balin.
Berikut penjelasan: Floi dan Ori termasuk rombongan Balin ke Moria. Tapi Floi tak diketahui di mana makamnya,. Ori hanya ditemukan kerangkanya di Aula 21, dekat Book of Mazarbul (lalu gue inget kerangka yang jatuh gara-gara Pippin di film. Ternyata ini Ori dan gue langsung sedih. Ori itu lucu).

2.                   Skor 1: Usia Bilbo ketika berangkat bersama Thorin & co.: (a) 51 (b) 71 (c) 111
Gue langsung jawab 51 tahun karena seingat gue justru 50 tahun hehehe.
Berikut penjelasannya: Bilbo berumur 51 saat berangkat bersama Thorin & co. 71 adalah umur di satu satu draft Tolkien. 111 usia ketika ia kabur di tengah pesta ultah.

3.                   Skor 3: Mana yg bukan adik Haldir: (a) Orophin (b) Rumil (c) Erestor
Pertanyaan ini bikin pusing. Melipir ke wiki dulu hihihi. Sempat menjawab Orophin lalu diganti jadi jawaban yang benar akhirnya, Erestor. Tapi di pertanyaan ini kalah cepat.
Berikut penjelasannya: Orophin dan Rumil adik Haldir ikut berjaga di perbatasan Lothlorien saat Fellowship of The Ring baru datang dari Moria. Shock karena "kematian" Gandalf. Erestor adalah salah satu Elf petinggi di Rivendell.

4.                   Skor 1: Di Bree para Hobbit bertemu Strider di: (a) Green Dragon (b) Ivy Bush (c) Prancing Pony
Salah satu terjemahan yang bikin gue mengerutkan kening yaitu Prancing Poni diterjemahkan jadi Kuda Menari. Makanya hal ini terus ingat. Tapi malah kalah cepat.
Berikut penjelasannya: Green Dragon dan Ivy Bush bar di Hobbiton. Prancing Pony di Bree.

5.                   Putra Theoden yg gugur di S. Isen: (a) Thengel (b) Theodred (c) Theodwyn
Pertanyaan yang gampang tapi gue kalah cepet, hehehe. Terlebih gue paling suka kalimatnya Theoden waktu memakamkan Theodred. “Tidak ada orangtua yang memakamkan putranya.” Juga nyanyian solo Eowyn yang menyayat hati itu.
Berikut penjelasannya: Thengel ayahnya Theoden, Theodwyn ibunya Eomer dan Eowyn. Putra Theoden namanya Theodred.

6.                   Skor 3: Mana yg bukan Ent? (a) Quickbeam (b) Wandlimb (c) Goldberry
Baru minggu lalu gue ngetwit tentang tokoh-tokoh yang diabaikan Peter Jackson, salah satunya Tom Bombadil. Nah, istri Tom Bombadil ini adalah Goldberry.
Berikut penjelasannya: Goldberry adalah 'water doughter' istri Tombobadil. Quickbeam dan Windlimb adalah Ent.

7.                   Skor 5: Siapa raja Dale di tahun terjadi War of the Ring? (a) Brand (b) Grimbeorn (c) Dain
Jawaban ini tebak-tebak buah manggis banget karena gue lupa. Ini adanya di Appendix Lord of The Ring: Return of the King. Nah berhubung gue males buka buku karena bakalan kalah cepat, jadi asal nebak aja. Gue mencoret Dain karena itu nama Dwarf dari Misty Mountain yang membantu Thorin & Co saat Battle of Five Armies dan nantinya jadi Raja Erebor. Berhubung di The Hobbit ada Bard yang membunuh Smaug dan keturunan Dale, gue pilihlah Brand. Kenapa? Karena ciri khas Tolkien membuat nama anak nyerempet-nyerempet nama ayah. Bard nyerempet Brand kan? *ngasal tapi bener*
Berikut penjelasannya: Brand adalah Raja Dale, Grimbeorn anak Beorn the Old dan Dain adalah Raja Dwarf di Misty Mountain.

8.                   Skor 1: Nama penjaga pintu Meduseld: (a) Gamling (b) Hama (c) Elfhelm
Tebak-tebak buah manggis juga karena gue cuma tahu nama Hama pernah disebut di Two Towers saat Battle of Helms Deep. Itu loh, yang di film ada anak kecil disuruh ibunya naik kuda sama adiknya. Dia nyebut, Son of Hama. Ternyata, tebakan yang benar.

9.                   Skor 1: Alat pendobrak dari Mordor: (a) Grond (b) Grisnakh (b) Gorbag
Ini sempat ngegoogling bentar nyari jawabannya. Ternyata googling lebih cepat daripada buka buku, hihihi.
Berikut penjelasannya: Grisnakh adalah kapten Orc dari Mordor, Gorbag salah satu patroli Orc yang menemukan Frodo di sarang Shelob.

10.               Skor 1: Pedang Aragorn yang ditempa di Rivendell: (a) Narsil (b) Ringil (c) Anduril
My King Elessar. Penyuka Lord of the Ring kebangetan banget kalau nggak tahu nama pedang Aragorn. Sempat siwer baca soalnya dan benar-benar memastikan apakah yang ditanya setelah atau sebelum ditempa.
Berikut penjelasannya: Narsil pedang Elendil yang patah dua, Ringil pedang Fingolfin, Anduril pedang Aragorn dari Narsil yang ditempa ulang

11.               Skor 3: Pilar Argonath mirip tokoh2 berikut kecuali: (a) Elendil (b) Anarion (c) Isildur
Baru beberapa hari yang lalu ada essay di Group Facebook Eorlingas tentang siapa sebenarnya di balik Argonath ini dan gue shock karena baru tahu mereka menggambarkan Anarion dan Isildur, anak Elendil yang kemudian memerintah Kerajaan Arnor dan Gondor. Dari merekalah kemudian lahir sosok Aragorn. Sejak pertama nonton, gue sudah terkagum-kagum dengan replica Argonath bikinan Peter Jackson. Keren. Dan di buku cetakan terbaru Lord of the Ring: Fellowship of the Ring, covernya bergambar Argonath ini. Suka.

12.               Skor 1: Nama ayah Aragorn. (a) Aranarth (b) Arvedui (c) Arathorn
Pertanyaan gampang karena setiap nama selalu diikuti son of … Nah Aragorn juga selalu disebut, Aragorn, son of Arathorn.
Berikut penjelasannya: Aranarth adalah First Chieftain of Dunadain, Arvedui adalah Raja terakhir Arthedain.

13.               Skor 1: Naga ini menduduki Erebor. (a) Smaug (b) Glaurung (c) Scatha
Dari juudl film kedua The Hobbit aja udah ketebak siapa nama naganya. Karena Smaug ini juga gue penasaran dengan nama naga-naga di Middle Earth. Gue nangis dan memendam benci teramat besar kepada Glaurung atas nasib keluarga Hurin. Hiks, sedih. Depressing *peluk Turin Turambar* Dan ya, Smaug ini cuma naga imut ketimbang naga lainnya.
Berikut penjelasannya: Naga yang menduduki Erebor Smaug, Glaurung naga yang menduduki Gondolin, Scatha menduduki Grey Mountain (Ered Mithrin)

14.               Skor 3: Panglima Dol Amroth di perang di Minas Tirith. (a) Adrahil (b) Bergil (c) Imrahil
Jujur, gue sempat kecele dengan keberadaan Imrahil. Beruntung pernah dibahas di grup tentang asal usul Imrahil sehingga gue baca ulang part Imrahil ini dan mengingat dia lagi. Maafkan hamba, paduka Imrahil.
Berikut penjelasannya: Panglima Dol Amroth di perang di Minas Tirith: Imrahil. Adrahil ayah Imrahil dan Finduilas, istri Denethor. Bergil anak Beregond, penjaga Minas Tirith yang menemani Pippin selama di Gondor.

15.               Skor 5: Vinitharya naik tahta Gondor bergelar: (a) Narmacil (b) Eldacar (c) Earnur
Gue menjawab soal ini dengan penuh suka cita karena baru saja selesai membaca Appendix dan fokus ke raja-raja Gondor demi mempelajari sejarah rajaku, King Elessar. Kisah Vinitharya alias Eldacar ini juga salah satu cerita yang menarik menurut gue.

16.               Skor 1: Warna pintu smial Bilbo. (a) Merah (b) Biru (c) Hijau
Masih perlu dijawab? Duh, sejak sepuluh tahun lalu, sejak jamannya Fellowship sampai sekarang jamannya Thorin & co, pintu rumah Bilbo selalu terbayang-bayang oleh gue karena Bag End menjadi salah satu daerah tujuan wisata impian gue.

17.               Skor 1: Pedang Gandalf yg berasal dari Gondolin: (a) Orcrist (b) Glamdring (c) Anguirel
Pertanyaan gampang karena gue suka sama desain Glamdring meski Orcrist lebih keren dan seksi hihihi.
Berikut penjelasannya: Pedang Gandalf yang berasal dari Gondolin: (b) Glamdring. Orcrist pedang Thorin, Anguirel dibuat oleh Eöl the Dark Elf

18.               Skor 3: Bukan nama troll: (a) Bert (b) Tom (c) Andy
Gue rasa pembuat soal memasukkan nama Andy karena terdengar sangat bule seperti Bert, Tom, dan William dan Andy terinspirasi dari Andy Serkis aka Gollum, hihihi.

19.               Skor 1: Kuda tentara Eomer yg gugur: (a) Hasufel (b) Windfola (c) Firefoot
Adegan Eomer bersiul memanggil Arod dan Hasufel di Two Towers saat dia bertemu Aragorn, Legolas, dan Gimli selalu terngiang di benak gue. Saat itu Eomer terlihat seksi, hihihi.
Berikut penjelasannya: Kuda tentara Eomer yang gugur: (a) Hasufel. (dan Arod) adalah kuda yang pengendaranya 1 dari 5 pasukan eored Eomer yang gugur saat melawan orc yang menculik Merry dan Pippin. Windfola kudanya Dernhelm aka Eowyn. Firefoot kudanya Eomer.

20.               Skor 9: Red Arrow/Panah Merah tanda bahaya Gondor diantar ke Theoden oleh: (a) Beregond (b) Hirgon (c) Ingold
Soal dengan nilai tertinggi dan gue berhasil menjawabnya. Yess. Ini gue temukan di essay tentang Pesahabatan Rohan dan Gondor.
Berikut penjelasannya: Beregond Tower Guard (trus dimasukin White Company Guard of Faramir Steward of Gondor and Prince of Emyn Arnen). Ingold pemimpin pasukan penjaga dinding Rammas Echor di Pelennor.

Dan gue berhasil mengumpulkan 48 poin dan berhak atas gelar Glorfindel Elf-lord From Beyond The Furthest Sea hehehe.

Gue suka dengan gelar ini semata karena gue suka dengan sosok Glorfindel dan dia menjadi salah satu tokoh yang diabaikan Peter Jackson. Pertama kali baca Fellowship gue sempat kepikiran kalau Glorfindel inilah yang akan menjadi anggota Fellowship tapi ternyata gue kecele. Dan gue kecewa dengan kemunculan Arwen bersama Asfaloth di Fellowship. Itu seharusnya bagian Glorfindel, bukan Arwen. Huh. Dan setelah mempelajari lebih lanjut, baru tahu kalau Glorfindel ini dulu pernah mati saat melawan balrog lalu oleh Mandos diberi tubuh baru. Melon le, Glorfindel.

Nah, begitulah serba serbi Middle Earth Minggu lalu. Mengasah otak dan adrenalin meski so far menurut gue soalnya nggak terlalu susah. Thanks banget mbak Novia dan yang lainnya yang mengadakan kuis ini. Deg-degan sebelum mulai berasa ujian beneran. Menurut gue, ini ujian setelah 12 tahun belajar Middle Earth dan gue siap menunggu pertanyaan lainnya.

Ingin tahu lebih lanjut tentang Middle Earth, main-main aja ke blog Eorlingas di http://councilofeorl.blogspot.com/

1 comment:

  1. well done, frodo, eh, ... glorfindel, hahaha----meet me in
    https://noviabdi25.wordpress.com/2015/03/07/sampah-mengalir-sampai-jauh/
    i always feel that i am a member of Thorin and co, hehehe---see you frodo

    ReplyDelete