[Indonesian Romance Reading Challenge] #8 Jampi Jampi Varaiya

Jampi Jampi Varaiya
By Clara Ng



Beristirahat sejenak dari pesona Middle Earth dengan membaca novel fantasi asli Indonesia. Ini novel pertama dari trilogi karya Clara Ng. Seenggaknya, nama besar Clara Ng cukup jadi jaminan kenapa harus baca novel ini.
Seperti judulnya yang ada kata jampi-jampi, novel ini memang tentang penyihir. Jangan bayangkan penyihir berjubah kelabu yang sangat bijak, itu Gandalf. Atau penyihir pada umumnya—berhidung bengkok dan naik sapu terbang. Juga bukan sekolah modern dengan murid belajar sihir—itu Hogwart. Ini tentang kisah para penyihir yang lucu.
Cerita berpusat di Oryza Sativa Raya, penyihir level delapan, yang sangat ingin bisa memasak. Dia menyuruh adiknya, Solanum Tuberosum Raya, mendapatkan ramuan Varaiya yang bisa membuatnya ahli memasak. Sola mencurinya dari restoran milik Nenek Gray dan Strawberry. Namun ternyata hasilnya malah kacau. Rendang bikinan Oryza kabur, roti sibuk menyanyi dengan bahasa Rusia, cangkir bisa berjalan dan menggigit Xander hingga berdarah, dan kakaknya Zea Mays, dan Sola jadi aneh. Untuk mengembalikan Zea dan Sola seperti semula, Oryza harus mencari Tamerit yang ada di Pulau Varaiya.
Masalahnya Pulau Varaiya ini sangat susah ditemukan. Dibantu Xander, penyihir yang dijodohkan dengan Oryza, Pax, penyihir sahabat Xander yang diam-diam menyukai Oryza, dan ayahnya yang disapa Dadi, Oryza berangkat ke Pulau Varaiya bersama kapal Duyung Menggoda punya Pak Kapten dan putrinya Nuna.
Sesampainya di sana, mereka malah harus mendapatkan masalah karena masa lalu Pax dan terlibat adu sihir dengan Tsungta, penguasa Varaiya sampai harus dipenjara.
Novel ini sangat menghibur. Masing-masing tokoh terasa begitu komikal. Pertengkaran demi pertengkaran antara Xander dan Oryza sukses membuat gue tertawa. Belum lagi tingkah Pax yang rela berubah jadi kucing buluk jelek bernama Dakocan demi bisa dekat dengan Oryza. Perjalanan mereka ke Pulau Varaiya terasa sangat menghibur.
Kelucuan juga timbul dari Strawberry dan Aqua—penyihir dari kelas ningrat—yang mencintai Xander. Mereka diam-diam mengikuti Xander dan berniat mencelakakan Oryza dan kapalnya lalu muncul sebagai pahlawan bagi Xander. Mereka yang suka salah menyebut nama masing-masing juga sukses bikin tertawa.
Meski di beberapa tempat gue skimming, tetap nggak mengurangi kenikmatan membaca buku ini. Lumayanlah untuk merilekskan otak sehabis belajar sejarah Quendi bikinan Tolkien, hehehe.
Clara Ng is one of my favourite. Dia nggak pernah mengecewakan gue. Dan Clara juga terkenal dengan penulis buku anak sehingga Jampi Jampi Varaiya di beberapa sisi terasa kekanak-kanakan.
Lupakan Avada Kedavra atau tongkat sakti Gandalf karena sekarang saatnya menyihir dengan mantra Menyerang-Kecepatan-Tinggi-Seperti-Kilat-Guntur-Dan-Langit-Yang-Sakit-Perut.
Once more, di buku satu ini gue belum memutuskan untuk naksir Xander atau Pax. Untuk suka sama Dakocan atau Mob ibb hihihi.

Comments

Popular Posts